biaya-umroh-sekarang-saat-ini

Biaya Umroh Sekarang Tahun 2020 2021 Ongkos PerOrang ✅

 185 total views

Artikel Lengkap Biaya Umroh Sekarang Tahun 2020 2021, Rincian Biaya Umroh, Tarif Ongkos Umroh Perorang, Biaya Umroh Untuk 2 orang, 3 orang, 4 orang dan seterusnya.

Ibadah Umroh 2020 – 2021

Mendapat kesempatan untuk bisa beribadah umroh adalah sebuah impian yang sangat diidamkan oleh kaum muslimin khususnya yang berada di Indonesia. Maka, menjadi sebuah pemandangan yang tidak langka, jika banyak dari kita sudah menyiapkan segala sesuatunya seperti biaya yg akan dibayarkan untuk pergiumroh.

Namun sayangnya,sejak 27 Feb 2020 yang lalu, PemerintahIndonesia secara resmi membatalkan semua keberangkatan umroh dan juga haji ditahun 2020. Hal ini terjadi karena adanyaa pandemic Covid19 (Corona Virus) yang belum selesai hingga saat ini.

Sudah kita ketahui bersama bahwa kejadian seperti ini tidak hanya terjadi di Indonesia dan Arab Saudi saja yang menutup kedatangan dari Negara luar, akan tetapi seluruh dunia terkena dampaknya.

kondisi-masjidil-haram-saat-pandemi

Umroh 2020 Kapan Dibuka ?

Beberapa waktu terakhir, tanggal 23 Sept 2020 Pemerintah telah memberi informasi berkenaan dengan penerapan ibadah umroh tahun 2020 – 2021, yang rencananya bakal dibuka lewat cara bertahap dan kontiyu. Berikut ini keterangan yang disampaikan olehPemerintah melalui Kemenag RI :

  • Tahap Pertama

Tahapan ini akandimulai pada tanggal 04 Okt 2020. Pemerintah Saudi memberikanizin ke semua orang asli Saudi serta expatriat yang sekarang berada disana.

Pemberian izinumroh ini terbatas untuk 30%saja orang yang bisa masuk ke Masjid Al-Haram, sesuai penghitungan prosedur tindak penjagaan tebaran Covid19 (Virus Corona).

Hitungan 30% dari kpasitas masjid itu sekitar 6.000 jamaahumroh perharinya yangbisa masuk Masjid Al-Haram untuk berumroh.

  • Tahap Kedua

Tahapan ini akandimulai padatanggal 18 Okt 2020. PemerintahSaudi akan memberikanizin kepada Orang Asli Saudi, dan Orang Pendatang yang bertempattinggal disana untuk dapat menunaikanumroh.

Jika pada tahapan pertama jumlah yang diberikan izin hanya-30% dari kapasitasMasjid Al-Haram, maka pada tahap kedua ini menjadi 75%.

Hitungan 75%dari kapasitas masjid itu sekitar 15ribu jamaah umr0h perharinya dan 40ribu jamaah solat perharinya.

  • Tahap Ketiga

Tahapan ini akandimulai padatanggal 01 Nov 2020. PemerintahSaudi akan memberikan izin Bagi Orang Asli Saudi, Orang Pendatang yang berdomisili di Saudi, dan Warga Asing yang berasal dari LuarKerajaan untuk dapat berumroh.

Pada tahapanketiga ini, diharapkhan Masjid Al-Haram bisa menampung100% jamaahnya dengan hitungan 20ribu jamaah umr0h perharinya dan 60ribu jemaah solat perharinya.

Secarabertahap pelaksanaan ibadah umr0h akan dibuka, sambil menanti pengumuman resmi dari Saudi, sebagai tindaklanjutan dari kondisi pandemic Covid19.

Setelah melewati Tahap-tahapan tersebut, Pemerintah Sawdi melalui Kemenkesnya akan mengumumkan daptar negara dari LuarKerajaan yang akan diijinkan untuk masuk mmberangkatkan jamaah umr0h.  

Selain itu, KemenkesSaudi, akan melihat dan mmpertimbangkan persebaran Covid19 serta resik0 ksehatan dari orang luar yang sudah diijinkan masuk.

Berapa Juta Biaya Umroh Sekarang Ini ?

Berkaitan dengan Biaya Umroh Sekarang di tahun 2020 – 2021 ini belum ada kepastian, karena dari pihak Kemenag ataupun Travel masih menunggu keputusan resmi Pemerintah Saudi tentang dibukanya kembali umroh.

Kita semua tentu mengharapkan bahwa di tanggal 1 Nov 2020 nanti, umroh akan dibuka kembali secara normal, dan Indonesia termasuk negara yang diperbolehkan masuk khususnya untuk menunaikan umroh.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa biaya umroh sekarang ini yang termurah ada pada kisaran harga Rp. 22 jutaan rupiah dan yang termahal bisa sampai Rp. 33 jutaan rupiah lebih kurangnya, tergantung paket umroh yang akan diambil jamaah.

Berikut ini Tabel Harga dan Jadwal Paket Umroh 2020 (Belum Harga Fix)

Biaya Umroh Sekarang dan yang akan datang, sepertinya akan ada perbedaan signifikan. Kenapa ? Karena sepertinya akan ada kebijakan baru dari Saudi yang mengharuskan semua jamaah umroh melakukan safety dari penerapan standar protokol kesehatan yang mungkin akan diberlakukan.

  • Sebagai contoh, jamaah umroh sebelum berangkat harus tes kesahatan bebas covid, kemudian saat naik pesawat jumlah penumpang akan dibatasi, lalu ketika sudah sampai di Saudi naik bus juga akan dibatasi, dan ketika memasuki hotel jumlah jamaah dalam 1 kamar biasanya maksimal bisa 4 orang, namun saat-saat seperti ini pastinya juga akan ada pembatasan, mungkin maksimal 2 orang.

Dengan gambaran diatas, tentunya ada biaya lebih yang harus ditambahkan dari biaya umroh sekarang ini.

Namun perlu diingat oleh jamaah, bahwa baik Kemenag ataupun Pemerintah Saudi belum menyebutkan secara terperinci, berapa besar kenaikan biaya umroh. Itu hanya sebuah perkiraan yang mungkin akan terjadi jika melihat kondisi saat ini.

Tentu saja kita semua mengharapkan yang terbaik bagi semuanya, yakni umroh segera dibuka kembali, sehingga travel bisa menyiapkan segala sesuatunya untuk jamaah. Kepada jamaah yang tertunda keberangkatannya pada jadwal yang lalu bisa berangkat di tahun ini, dan kenaikan biaya umroh tidak terlampau tinggi bagi jamaah.

Biaya Umroh Sekarang Dari Indonesia

Melakukan ibadah umroh adalah sebuah ibadah yang membutuhkan waktu dan perjalanan yang sangat panjang, karena memang ibadah umroh itu adalah ibadah yang tidak dapat dilakukan selain di Tanah Suci Makkah Al Mukaramah.

Maka dari itu, kita sebagai orang Indonesia tentu harus melakukan perjalanan yang sangat jauh menggunakan pesawat. Untuk sampai ke Tanah Suci para jamaah dari Indonesia harus menempuh jarak sekitar 8000an km (lihat di maps) dengan lama perjalanan kurang lebih 9 jam 30 menit.

Itulah salah satu faktor penting yang menyebabkan biaya umroh bisa sampai puluhan juta.

Biaya Paket Umroh

Dalam sebuah Paket Umroh, jamaah harus menyetorkan sejumlah uang kepada travel. Misalkan jamaah mengambil Paket Umroh Promo dengan harga 22 juta, maka biaya umroh tersbut dibayarkan untuk :

  1. Ticket Pesawat Pulang Pergi
  2. Biaya Inap Hotel slama di Makkah Madinah
  3. Visa Umroh
  4. Visa Tambahan Negara Turki / Dubai (Paket Umroh Plus)
  5. Manasik Umroh
  6. City Tour Makkah Madinah
  7. Bus Standar Travel Full AC
  8. Makan 3 kali sehari
  9. Muthowif / GuideUmroh
  10. Air Zam Zam 5 lt perorang
  11. Ruang Tunggu Sebelum Jadwal Keberangkatan Umroh di Bandara Tiba
  12. Sertifikat Umroh

diluar biaya 22 juta tadi, jamaah harus menyiapkan sejumlah uang untuk kelengkapan administrasi dan keperluan pribadi, yaitu :

  1. Pembuatan Paspor Hijau 48 Halaman
  2. Pembuatan Buku Vaksin Meningitis
  3. Kelebihan Bagasi Pesawat
  4. Tour atau acara diluar program dari travel
  5. Pengeluaran Pribadi semisal belanja dan laundry hotel
  6. Transportasi dari rumah menuju bandara Soekarno-Hatta
  7. Perlengkapan Umr0h, Handling Bandara, Airport Tax & Asuransi
  8. Ongkos Pengiriman perlengkapan umroh ke rumah

Rincian Biaya Umroh

Berikut ini kami berikkan informasi mengenai rincian biaya umroh dari poin-poin diatas.

  • Biaya Tiket Pesawat PP

Harga Tiket Pesawat PP biayanya berkisar dari Rp 12 jutaan sampai 15 jutaan, harga itu berbeda dari setiap maskapai yang digunakan oleh travel dan ini telah masuk kedalam harga paket.umroh

  • Biaya Akomodasi Hotel

Harga hotel yang digunakan jamaah dalam sebuah paket umroh adalah kisaran Rp700rb sampai Rp4jtan permalamnya, harga yg dibayarkan sesuai dg bintang hotelnya apa itu *3 atau *5. Biaya tsb sudah masuk kedalam harga paket.umroh

  • Biaya Visa Umr0h & Asuransi

Sebagai tambahan Informasi mengenai aturan visa, sebelumnya Arab Saudi memberlakukan yang namanya Visa Progresive yakni pemberlakuan tambahan biaya.umroh sebesar 2000 real jika dirupiahkan sekitarRp 7,8 juta.

Biaya tersebut ditujukan bagi jamaah yang berangkat berulangkali dlm kurun waktu 3 thn. Kemudian pada musim umroh 2020, peraturan visa progresife ini dihapus.

Bersamaan dengan itu Arab Saudi mengeluarkan aturan baru kenaikan visa utk seluruh jamaah umroh yg sudah ataupun blm berangkat serta ada.biaya tambahan asuransi.

Badan Asuransi umroh ini ditunjuk langsung dari otoritas Pemerintahan Saudi. Biaya tmbhan visa dan asuransi tersebut berkisar Rp 1,8 jt s.d. Rp 2 jt (tergantung kebijakan travel masing masing).

Singkatnya adalah biaya Visa Progresif dihapus diganti dengan naiknya biaya Visa Umr0h dan tambahn biaya Asuransi yang menyebabkan kenaikan harga secara keseluruhan.

  • Biaya Pendukung Umroh

Kemudian bagian berikutnya termasuk kedalam biaya pelaksanaan Manasik Umroh, Mutowif / Guide perjalanan slama umroh utk membimbing jamaah, Makan 3x Sehari, Biaya Bus, Tip Supir, Prjalanan City Tour, Pembagian Air Zamzam, Sertifikat Umroh.

  • Biaya Pembuatan Paspor

Biaya pembuatan buku Paspor adalah sekitar Rp350rb sampai Rp650rb. Paspor ini ada 2 jenis yakni paspor biasa dan paspor elektronik.

Jika dilihat secara sekilas bentuknya hampir sama, yang membedakan adalah dalam paspor elektronik terdapat microchip didalam paspornya (biaya pembuatan paspor elektronik lebih mahal).

  • Biaya Buat Buku Meningitis

Biaya suntik meningitis ini berkisar antara Rp.350rb s.d. Rp.500rb biaya suntik vaksin bervariasi tergantung tempat jamaah membuat buku meningitis. Bisa di Rumah Sakit atau Klinik terdekat yg menyediakan fasilitas suntik meiningitis.

  • Biaya Handling Bandara

Pada saat hari keberangkatan, jamaah akan dipandun oleh tim Handling Bandara Alhijaz baik itu saat di Jakarta ataupun di bandara Jeddah untuk mengurus dan mengecek kesiapan barang dan koper jamaah.

  • Perlengkapan Umroh

Setelah pendaftaran, travel akan memberikan Perlengkapan Untuk Ibadah Umroh, diantaranya adalah : Koper, Tas Kecil, Syal, Kain Batik, Mukena, Kain Ihrom, Sabuk Ihrom, Kerudung, Name Tag dan Buku Panduan umroh.

Dalam paket umroh reguler biaya hndling dan prlengkapan umroh belum termasuk kedalam harga paket umrah, biayanya Rp 1,3 juta.

  • Biaya Pengeluaran Pribadi

Biaya pengeluaran pribadi seperti untuk komunikasi dan jaringan internet, laundry pakaian, belanja souvenir , belanja oleh-oleh umroh,dan lain-lain.

Biaya pengeluaran pribadi ini tentu bervariasi besarannya, tergantung individu. Misal dihitung dari angka terkecil adalah Rp500ribu sampai yang terbesar Rp.10jt.

jika jamaah hanya membeli pakaian atau kurma saja 500ribu cukup. Namun beda halnya jika jamaah membeli emas atau barang bermerek selama dalam perjalanan umroh pasti biaya pengeluaran akan lebih besar.

Itulah sejumlah bagian penting dlm biaya paket umroh yg perlu Anda ketahui.

Biaya Umroh Bayi Dan Anak Kecil

Ada kalanya bagi jamaah harus membawa si kecil untuk berangkat umroh. Dan untuk faktor biaya, hal itu ada perbedaan dengan biaya orang dewasa.

biaya-umroh-anak-5-tahun

Biaya Umroh Bayi Usia 0 – 23 Bulan

Bagi bayi yang berusia 0 – 23 bulan adalah sekitar Rp. 9,5 juta, Kami harus mengecek terlebih dahulu kapan Anda berangkatnya karena ada kemungkinan perbedaan harga. Namun untuk kisaran harganya tidak jauh dari harga tersebut.

Biaya Umroh Anak Kecil Usia 2 – 8 Tahun Lebih

Bagi Anak kecil diatas 2 tahun hitungannya sudah masuk dewasa, namun ada beberapa pengurangan harga dari paket.umroh.

Pengurangan harga tersebut karena non bed dari kamar hotel, berikut rinciannya :

  • Paket Uhud : Rp. 2,5 juta
  • Paket Rahmah : Rp. 4,5 juta

Itulah biaya umroh sekarang untuk bayi dan anak kecil yang akan pergi bersama orangtuanya.

Paket Umroh Alhijaz

Dikarenakan masa tunggu pergi haji yang lama, umroh menjadi sebuah solusi bagi jamaah yg ingin segera berangkat menuju Baitullah.

Banyak dari jamaah Alhijaz yang sudah mendaftar haji reguler, namun karena berangkatnya masih lama, mereka memilih untk umroh lebih dulu sebagai obat rasa rindu terhadap Baitullah.

Tak sepert haji yang waktu & kuotanya terbatas, ibadah umroh bisaa dilakukan kapansaja selama musim umroh berlangsung.

Dengan ini, Alhijaz sebagai sebuah pelyanan jasa haji dan umroh, memberikan berbagai pilihan Paket Umroh yang bisa Anda ambil.

Biaya Umrah Per 1 Orang

Dalam mendaftar umroh, tida sedikit orang yang berangkat lebih dari seorang, ada yang pergi umroh berdua, bertiga, berempat, bahkan hingga berenam karena satu keluarga dari mulai nenek kakek sampai cucu ikut semua, serombongan grup umroh.

Kami akan terus mengupdate system kami seiring perkembangan informasi terkait pelaksanaan ibadah umroh dan haji.

Waktu Terbaik Pergi Umroh

Sebetulnya waktu terbaik pergiumroh adalah waktu dimana kita sedang dalam konidisi fisik yang prima, tidak sedang dalam pekerjaan (keadaan sibuk), dan ketika ada biayanya untuk pergi melakukan umroh. Itulah waktu terbaik pergi berangkat umroh.

Sudah kita ketahui bersama, bahwa umroh itu meskipun waktunya luas akan tetapi terbatas oleh musim haji. Biasanya 3 bulan sebelum haji, keberangkatan umroh akan ditutup oleh Saudi, karena mempersiapkan gelaran haji yang akan dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah.

Mulai Tutup Umroh dari Lebaran bulan Syawal, Dzulqo’dah, lalu Dzulhijjah. Musim umroh itu berakhir di bulan Syawal (Lebaran) dan dimulai lagi dari bulan Safar.

Jika kita konversikan kedalam kalender Masehi adalah : umroh bermulai dari bulan Oktober dan berakhir di bulan Mei.

Berikut ini list Paket Umroh di Alhijaz berdasarkan bulan keberangkatan :

  • Paket Umroh Oktober, Pada bulan Oktober, kondisi umroh di TanahSuci biasanya lebih lengang dibanding waktu lain, kenapa ? Karena bulan ini merupakan awal dibukanya kembali musim umroh setelah tutup hampir 4 bulan lamanya, karena musim haji.
  • Paket Umroh November, Tak jauh berbeda dengan umroh di bulan Oktober, kondisi umroh masih lenggang, dan cuaca biasanya mulai mengarah kemusim dingin.
  • Paket Umroh Desember, Bulain ini merupakan waktu favorit bagi jamaah untuk pergi berangkat umroh. Kenapa ? Karena bulan Desember bertepatan dengan hari libur, baik itu libur kantor, libur akhir tahun sampai waktu liburan sekolah. Namun biaya umroh Desember akan lebih tinggi dibandingkan bulan lainnya, karena termasuk bulan High Season, jadi tiket pesawat ataupun hotel biayanya akan naik.
  • Paket Umroh Januari, Pada bulan Januari kondisi umroh masih ramai, dan cuaca pada bulan Januari ini masuk ke dalam musim dingin, yang dimulai sejak bulan Desember, suhu terendah bisa sampai 8 derajat celcius & panas bisa sampai 30 derajat celcius
  • Paket Umroh Februari, Pada bulan Februari kondisi umroh relative lebih lenggang dibandingkan Desember dan Januari, karena sudah masuk fase low season. Jamaah jangan membayangkan lenggang itu kosong, akan tetapi hitungan jumlah yang datang misalkan 60.000 itu menjadi 40.000.
  • Paket Umroh Maret, Pada bulan Maret kondisi umroh masih sama seperti di bulan Februari.
  • Paket Umroh April, Pada bulan April kondisi umroh akan kembali naik pengunjungnya, seiring majunya waktu ke bulan Ramadan.
  • Paket Umroh Ramadhan, Ramadhan bertepatan dengan Bulan Mei, di bulan suci ini puncak dari musim umroh. Jamaah yang datang akan membludak jika dibanding waktu lainnya. Banyak yang berburu pahala Lailatul Qadar dan keutamaan di bulan suci Ramadhan.
  • Paket Umroh Syawal, Pada bulan Juni sudah masuk kedalam bulan Syawal dan ini memasuki musim ahir umroh. Umroh Syawal suka disebut juga Umroh Lebaran. Dan bagi Anda yg ingin merasakan suasana Idul Fitri di Mekah, ini mrupakan waktu terbaik Andapergi berangkat umroh.

Itulah waktu2 terbaik untuk pergi umroh, Anda dapat mempilih Paket Umroh yang diinginkan.

Cuaca Makkah Madinah

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, bahwa cuaca di Saudi bisa dikategorikan menjadi 2 yakni musim dingin dan musim panas.

Musim Dingin itu berada antara bulan Desember – Februari, Musim Panas berada di antara bulan Maret – Juni.

Di daerah Mekah suhu terendah dapt mencapai -+ 8 derajat celcius, berbeda halnya ketika di Madinah,suhu terendah dapat mencapai 5 derajat celcius, bahkan bisa saja sampai turun hujan meskipun ini jarang terjadi. Suhu terendah bisa jamaah rasakan pada saat malam hari dan saat subuh di pagi hari.

Sedangkan untuk suhu terpanas dimusim dingin bisa mencapai 30 derajat celcius, dan ketika masuk musim panas suhunya bisa mencapai 40 derajat celcius.

Meskipun begitu, cuaca dingin ataupun panas di Makkah, masih bisa dianggap biasa oleh kulit jamaah orang Indonesia yang dari iklim tropis.

Maka disarankan kepada jamaah, jika berangkat pada musim dingin harus membawa persiapan seperti balsem dan baju hangat. Dan jika berangkat pada musim panas, membawa persiapan seperti kacamata hitam karena cahaya matahari di sana lebih terik dibandingkan di Indonesia, dan bisa membuat mata silau, karena ada beberapa jamaah yang tidak kuat jika melihat cahaya matahari yang terlalu terang. Membawa vitamin dan obat kesehatan, salep pelembab kulit atau minyak zaitun supaya kulit kita tidak kering disebabkan cuaca yang sangat panas.

Itulah gambaran singkat kondisi cuaca saat di Makkah dan Madinah. Persiapkanlah segala sesuatunya dengan baik, poin yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan saat mendekati hari keberangkatan umroh, seperti tidak sering bergadang, tidak melakukan aktifitas kerja berlebihan yang bisa menyebabkan badan sakit, sehingga pada hari-H keberangkatan umroh InsyaAllah tubuh akan lebih siap & lebih segar.

Persyaratan Mendaftar Umroh

Proses selanjutnya adalah untuk mendaftar umroh Anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang harus diserahkan kepada travel, diantaranya adalah :

  1. Paspor asli yang masih berlaku minimal 8 bulan sebelum keberangkatan dan 2 suku nama kata sudah bisa untuk paspor umroh
  2. Buku Kuning Vaksin Meningitis
  3. KTP Fotocopy
  4. KK Fotocopy
  5. Buku Nikah Fotocopy (untuk yang berangkat dengan Suami/Istri)
  6. Akte Kelahiran Fotocopy (untuk anak yang belum memiliki KTP)
  7. Foto 4×6 = 2 lembar background putih

Itulah dokumen yang harus disiapkan oleh jamaah saat melakukan proses pendaftaran umroh.

Konsultasi Umroh

Bagi Anda yang ingin menanyakan informasi lebih lanjut mengenai program umroh yang ada di Alhijaz, silahkan untuk menghubungi staff kami pada nomor yang tertera dalam website. Dengan senang hati, kami akan membantu dan memberikan info yang Anda perlukan.

Akhir Kata

Semoga segala niat dan hajat kita bisa terlaksana dengan lancar dan tak lupa kita haru selalu mengharapkan keridloan Allah Subhaanahu Wata’aala pada setiap langkah apapun yang dikerjakan.

Meskipun saat ini wabah Covid19 masih melanda dunia, mari kita sama-sama berdo’a untuk kebaikan semuanya, khususnya bagi saudara-saudara kita yang kemarin sempat tertunda keberangkatan umrohnya, semoga di tahun ini pandemic berakhir dan Saudi membuka kembali umroh seperti biasanya.

Akhir kata, cukup sekian dan terimakasih kepada para pembaca yang telah membaca rincian dan faktor yang mempengaruhi Biaya Umroh Sekarang di tahun 2020 – 2021. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda yang ingin berangkat umroh tahun ini.

Share
error: Content is protected !!